Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni yang mempelajari cara mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui upaya terorganisasi dan pilihan informasi masyarakat, organisasi, publik dan swasta, masyarakat dan individu. Hal ini berkaitan dengan ancaman terhadap kesehatan berdasarkan analisis kesehatan masyarakat. Populasi yang dimaksud dapat diartikan sebagai segelintir kecil orang, atau sejumlah besar penduduk di beberapa benua (misalnya kasus pandemi). Kesehatan masyarakat menggabungkan pendekatan interdisipliner epidemiologi, biostatistik dan pelayanan kesehatan. Kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, kesehatan perilaku, ekonomi kesehatan, kebijakan publik, obat asuransi dan keselamatan kerja dan kesehatan adalah sub bidang penting lainnya.
Doctor and patient with prescription at office
Fokus intervensi adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup melalui pencegahan dan pengobatan penyakit serta kondisi fisik dan mental, melalui studi kasus, indikator kesehatan, dan promosi perilaku sehat. Promosi mencuci tangan dan menyusui, pengiriman vaksinasi, dan distribusi kondom untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular seksual adalah contoh umum dari tindakan kesehatan masyarakat.
Praktik kesehatan masyarakat modern membutuhkan tim multidisiplin tenaga kesehatan masyarakat dan profesional termasuk dokter yang mengkhususkan diri dalam kesehatan masyarakat, psikolog ahli epidemiologi, biostatistik, asisten medis, perawat kesehatan masyarakat, bidan, ahli mikrobiologi medis, petugas kesehatan lingkungan, apoteker, ahli kesehatan gigi, ahli gizi dan ahli gizi, dokter hewan, insinyur kesehatan masyarakat, pengacara kesehatan masyarakat, sosiolog, pekerja pengembangan masyarakat, ahli komunikasi, bioetika, dan lain-lain.

Tujuan Penerapan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Fokus dari intervensi kesehatan masyarakat adalah untuk mencegah dan mengelola penyakit, cedera dan kondisi kesehatan lainnya melalui pengawasan kasus dan promosi perilaku sehat, masyarakat dan lingkungan. Banyak penyakit yang dapat dicegah melalui metode non-medis sederhana, seperti tindakan mencuci tangan dengan sabun yang dapat mencegah berbagai penyakit menular.
Kesehatan masyarakat memainkan peran penting dalam upaya pencegahan penyakit baik di negara berkembang dan di negara-negara maju, melalui sistem kesehatan setempat dan organisasi non-pemerintahan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah lembaga internasional yang mengkoordinasikan dan bekerja pada isu-isu kesehatan masyarakat global. Sebagian besar negara memiliki lembaga kesehatan pemerintah untuk masyarakatnya masing-masing.
Ada perbedaan besar dalam akses ke perawatan kesehatan dan inisiatif kesehatan masyarakat antara negara maju dan negara berkembang. Di negara berkembang, infrastruktur kesehatan masyarakat masih dalam tahap pembangunan. Ada kemungkinan kurangnya jumlah petugas kesehatan terlatih atau sumber dana untuk menyediakan tingkat dasar perawatan medis dan pencegahan penyakit. Akibatnya, kemiskinan berkontribusi besar pada sebagian besar kematian  di Negara-negara berkembang. Sebagai contoh, Pemerintah Afrika hanya menganggarkan kurang dari 10 dolar/jiwa/tahun untuk perawatan kesehatan (setara Rp 120.000), sementara itu di Amerika Serikat, Pemerintah federal menghabiskan dana sekitar 4.500 USD/jiwa/tahun.
Kata Kunci Pencarian: definisi kesehatan masyarakat menurut para ahli,pengertian ilmu kesehatan masyarakat menurut para ahli, ilmu kesehatan masyarakat menurut para ahl